TANGERANG SELATAN WEATHER

Selasa, 31 Januari 2023

Significant wave height / Tinggi gelombang signifikan

Inversion Layer from Airplane
Diagram Tinggi Gelombang. —Credit: BOM AU.
Significant wave height atau Tinggi gelombang signifikan didefinisikan sebagai tinggi gelombang rata-rata, dari palung hingga puncak, dari sepertiga gelombang tertinggi.

Diciptakan oleh ahli kelautan Walter Munk selama Perang Dunia II, tinggi gelombang signifikan memberikan perkiraan tinggi gelombang yang direkam oleh pengamat terlatih dari titik tetap di laut. Seperti yang ditunjukkan oleh grafik berikut ini, seorang pelaut atau peselancar akan mengalami 'spektrum gelombang' yang khas selama aktivitas mereka, yang terdiri dari sejumlah kecil gelombang kecil (di bagian bawah) dan sejumlah kecil gelombang yang sangat besar (di bagian atas). Jumlah ombak terbesar ditunjukkan oleh area terluas dari kurva spektrum.

Sepertiga gelombang tertinggi ditandai dengan warna biru tua pada grafik di bawah ini, dan tinggi rata-rata gelombang dalam kelompok ini adalah tinggi gelombang yang signifikan.

Konsep statistik ini dapat digunakan untuk memperkirakan beberapa parameter gelombang dalam prakiraan tertentu. Sepuluh persen gelombang tertinggi kira-kira sama dengan 1,3 kali tinggi gelombang signifikan, dan kemungkinan tinggi gelombang maksimum akan kira-kira dua kali lipat tinggi gelombang signifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar